Rabu, 09 Desember 2009

Kasus Bank Century Bukti Masyarakat Indonesia yang Kritis

Belakangan diketahui bersama, terkuak masalah kasus bank century. Kasus yang sebenarnya sudah mulai dibahas sejak awal 2008, kini menjadi sebuah bahan perbincangan di kalangan masyarakat. Di masyarakat kasus bank century menjadi kasus yang paling populer, hampir semua inti perbincangan tertuju ke kasus bank century.

Masyarakat dewasa kini telah menjadi masyarakat yang madani dan modern. Kasus bank century menjadi bukti bahwa masyarakat telah kritis dalam semua kegiatan perekonomian. Kasus bank century mulai terkuak melalui masyarakat yang telah aktif dalam mengungkapkan kejanggalan yang ada ke permukaan. Kasus bank century membuktikan bahwa masyarakat telah berpartisipasi dalam semua segi demokrasi negara. Hal ini telah menguatkan dan menunjukan bahwa negara republik Indonesia benar benar berdemokrasi. Dalam artikel ini, saya ingin membuktikan bahwa masyarakat Indonesia kini telah berpartisipasi ke dalam apa yang disebut sitem demokrasi. Kasus bank century terkuak atas peran masyarakat yang kritis terhadap apa yang mereka anggap janggal. Masyarakat berhasil memberanikan diri untuk mengemukakan pendapat mereka ke permukaan dan menjadikan suatu kejanggalan menjadi suatu kejelasan.

Kasus bank century berawal dari konspirasi antara pemilik bank century dengan para pejabat – pejabat yang mestinya mampu membeberkan dana yang kini hilang. Peran masyarakat adalah berhasil menguak kasus tersebut kepermukaan. Mereka langsung memberikan artikel – artikel yang menitikberatkan kepada masalah kemana dana bank century yang hilang tersebut. Menjadi perbincangan yang hangat dana bank century di masyarakat. Hal inilah yang membuat kasu bank century kini menjadi suatu kasus yang sangant berpolemik.

Banyak faktor yang membuat masyarakat kini menjadi aktif dalam berpendapat. Diantaranya kini pemerintah yang telah terbuka. Masih kita ingat di jaman orde baru, yang semuanya telah 'diatur' oleh para penguasa – penguasa orde baru. Masyarakat tidak diberikan kesempatan untuk mengeluarkan pendapat mereka, yang bertujuan mengungkap kejanggalan – kejanggalan yang ada. Mereka seperti dibelenggu dalam sebuah konspirasi. Namun pemerintah kini telah berhasil membuktikan apa yang namanya disebut dengan demokrasi.



Kini masyarakat telah bebas mengungkap apa yang menurut mereka slah dan mereka menunjukan aksi – aksi yang mengundang perhatian rakyat. Selain itu pengaruh media – media yang memiliki peran sangat besar untuk membeberkan apa apa yang telah masyarakat ungkapkan. Dalam artikel ini saya ingin menunjukan bahwa masyarakat kini telah menjadi masyarakat yang madani dan modern. Masyarakat indonesia kini telah diberikan kesempatan untuk mengungkapkan rasa yang ingin mereka keluhkan kepada rpemerintah. Saya rasa ini merupakan sebuah keberhasilan pemerintah dan masyarakat dalam perkembangannya. Di balik kasus century yang sangat sensitif ini, terdapat nilai – nilai positif didalamnya yaitu telah berhasilnya nilai – nilai demokrasi diterapkan oleh bangsa ini. Saya yakin kasus bank century ini cepat atau lambat dapat diatasi dengan sikap masyarakat indonesia yang kritis seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar